Kembali Tabel data Hasil capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Kategori:Pemerintahan (6205 Kode Referensi Kabupaten Barito Utara)
Penyedia:RSUD MUARA TEWEH
Diupdate:06 Maret 2025

Download as PDF

No Jenis Pelayanan Standar Pelayanan Minimal Batas Waktu Pencapaian Tahun 2024 Ket.
Indikator Standart
1 2 3 4 5 6 7
1 Pelayanan Gawat Darurat Kemampuan menangani life saving anak dan dewasa 100% 5 tahun 100% MS
Jam buka pelayanan gawat darurat 24 Jam Setiap hari 100% MS
Pemberian pelayanan kegawatdaruratan yang bersertifikat yang masih berlaku BLS/PPGD/GELS/ALS 100% 5 tahun 100% MS
Ketersediaan tim penanggulangan bencana Satu Tim 1 tahun 100% MS
Waktu tanggap pelayanan dokter di Gawat darurat ≤Lima Menit Terlayani Setelah Pasien Datang Setiap hari 3.2 MS
Kepuasan pelanggan ≤70% 2 tahun 82% MS
Kematian pasien ≤ 24 < Dua Perseribu (Pindah Ke Pelayanan Rawat Inap Setelah 8 Jam) 1 tahun Jun-00 BMS
Tidak adanya pasien yang diharuskan membayar uang muka 100% Setiap hari 100% MS
2 Pelayanan Rawat Jalan Dokter pemberi pelayanan di poliklinik Spesialis 100% Dokter Spesialis Pelayanan Dasar Setiap hari 100% MS
Ketersediaan pelayanan Klinik Anak Setiap 100% MS
Klinik Penyakit Dalam Setiap hari 100% MS
Klinik Kebidanan Setiap hari 100% MS
Klinik Bedah Klinik Semua Spesialis Setiap hari 100% MS
Jam buka pelayanan 08.00 S/D 13.00 Setiap Hari Kerja Kecualii Jum’at 08. 00 S/D 11.00 Setiap hari 100% MS
Waktu tunggu di rawat jalan ≤15 Menit 2 tahun 54.26 MS
Kepuasan pelanggan ≥70% 1 tahun 82% MS
Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskopis ≥ 60% 1 tahun 100% MS
Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di RS ≥ 60% 1 tahun 100% MS
3 Pelayanan Rawat Inap Pemberi pelayanan di Rawat Inap Dr Spesialis 100% 1 tahun 100& MS
Perawat Minimal Pendidikan D3 100% 1 tahun 100% MS
Dokter Penanggung Jawab pasien Rawat Inap Dr Spesialis 100% 1 tahun 100% MS
Ketersediaan pelayan rawat Inap Anak 1 tahun 100% MS
Penyakit Dalam 1 tahun 100% MS
Kebidanan 1 tahun 100% MS
Bedah 1 tahun 100% MS
Jam visite dokter spesialis 100% Setiap hari 96% BMS
08.00 s/d 14.00
Kejadian infeksi pasca operasi ≤ 1,5 % 1 tahun 2% BMS
Kejadian infeksi nosocomial ≤ 1,5 % 1 tahun 0% MS
Tidak adanya kejadian pasien jatuh yang berakibat kecatatan / kematian 100% 1 tahun 100% MS
Kematian pasien > 48 jam ≤ 0,24 % 2 tahun 0.30% BMS
Rawat Inap Tb
Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskopis ≥ 60% 1 tahun 100% MS
Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di rumah ≥ 60% 1 tahun 100% MS
4 Pelayanan Bedah Sentral Waktu tunggu operasi efektif ≤ 2 Hari Setiap kali operasi 2 MS
Kejadian kematian di meja operasi ≤ 1 % 1 tahun 0% MS
Tidak adanya kejadian salah sisi 100% 1 tahun 100% MS
Tidak adanya kejadian operasi salah orang 100% 1 tahun 100% MS
tidak adanya salah tindakan pada operasi 100% 1 tahun 100% MS
Tidak adanya kejadian tertinggalnya benda asing /lain pada tubuh pasien setelah operasi 100% 1 tahun 100% MS
Komplikasi anestesi karena overdosis, rekasi anestesi dan salah penempatan endotracheal tube ≥ 6% 1 tahun 0% MS
5 Persalinan Perinatology (Kecuali Rumah Sakit Khusus di Luar Rumah Sakit Ibu Dan Anak) dan KB Kejadian kematian ibu karena persalinan Perdarahan ≤ 1% 2 tahun 0% MS
Pre-Eclampsia ≤ 30 % 2 tahun 0% MS
Sepsis ≤ 0,2 % 2 tahun 0% MS
Pemberi pelayanan persalinan normal Dokter Spog Setiap waktu 100% MS
Dokter Umum Terlatih (APN) 100% 100% MS
Bidan
Pemberi pelayanan persalinan dengan penyulit Tim Ponek Yang Terlatih Setiap waktu persalinan 100% MS
Pemberi pelayanan persalinan dengan tindakan operasi Dr SPOG Setiap waktu persalinan 100% MS
Kemampuan menangani BBLR 1500 gr – 2500 gr 100% 4 tahun
Pertolongan Persalinan Tim Setiap waktu persalinan 100% MS
Keluarga Berencana Pkbrs 2 tahun 100% MS
Presentase KB (vasektomi & tubektomi) yang dilakukan oleh tenaga kompeten dr SpOG, dr Sp B dr umum terlatih Dr Sp.OG, 2 tahun 100% MS
Dr Sp.B
Dr Sp. An
Kepuasan pelanggan 70% 2 tahun 82% MS
6 Pelayanan Intensif Rata-rata pasien yang Kembali ke perawatan intensif dengan kasus yang sama < 72 jam ≤ 3 % Dr Sp Anestesi Dan Dr Sp Sesuai Dengan Kasus Yang Ditangani 100%, Perawat Minimal D3 Dengan Sertifikat Perawat Mahir ICU / Setara (D4) 1 tahun 2.10% MS
pemberi pelayanan unit intensif 100% 1 tahun 100% MS
7 Radiolog Waktu tunggu hasil pelayanan thorax foto pelaksanaan ekspertisi ˂ 3 Jam Setiap Pemeriksaan 2.4 MS
Dr Spesialis Rad 100%
kejadian kegagalan pelayanan rotgen Kerusakan Foto ≤ 2 % 2 tahun 0% MS
Kepuasan pelanggan ≥ 70% 82% MS
8 Laboratorium Patologi Klinik Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium ≤ 140 Menit Kimia Darah & Darah Rutin Setiap Pemeriksaan 120 MS
Pelaksanaan ekspertisi Dr Sppk 100% 100% MS
Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksaan laboratorium 100% 2 tahun 100% MS
Kepuasan pelanggan ≥70% 82% MS
9 Pelayanan Rehabilitasi Medik Kejadian Drop Out pasien terhadap pelayaan rehabilitasi medik yang direncanakan ≤50% 2 tahun 11% MS
Tidak adanya kejadian kesalahan tindakan rehabilitasi medik 100% Setiap tindakan 100% MS
Kepuasan pelanggan ≥70% 1 tahun 82% MS
10 Farmasi Waktu tunggu pelayanan Setiap resep MS
a.     Obat jadi ≤ 30 Menit 23.45
b.     Obat racikan ≤ 60 Menit 37.89
c.     Tidak ada kejadian kesalahan pemberian obat 100% 100%
Kepuasan pelanggan ≥70% 2 tahun 82% MS
Penulisan resep sesuai formularium 100% 100% MS
11 Gizi Ketepatan waktu pemberian makanan kepada pasien ≥90% Setiap waktu pemberian 100% MS
Sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien ≤ 100% 100% MS
Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian diet ≤ 100% 100% MS
12 Transfuse Darah Kebutuhan darah bagi setiap setiap pelayanan transfuse 100% 2 tahun 100% MS
Terlayani
Kejadian reaksi transfuse <0,01% 0% MS
13 Pelayanan Pasien Tidak Mampu Pelayanan terhadap pasien tidak mampu yang datang ke RS pada setiap unit pelayanan 100% Terlayani Setiap waktu 75% BMS
14 Rekam Medik Kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam setelah selesai pelayanan 100% 1 tahun 100% MS
Kelengkapan informed concent setelah mendapatkan informasi yang jelas 100% 100% MS
Waktu penyediaan dokumen rekam medik pelayanan rawat ≤ 10 Menit 7 MS
Waktu penyiaan dokumen rekam medik pelayanan rawat inap ≤ 15 Menit 5 MS
15 Pengeloaan limbah Baku mutu limbah cair BOD ≤ 30 Mg/I Setiap tahun BOD ≤ 14,96 MS
COD ≤ 80 Mg/I COD ≤ 32,81
TSS ≤ 30 Mg /I TSS ≤ 5,7I
PH 6-9 PH 7,3
Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan direksi 100% 100% MS
16 Administrasi Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan direksi 100% Setiap kegiatan 100% MS
Kelengkapan laporan akuntabilitas kinerja 100% 100% MS
Ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat 100% 100% MS
Ketepatan waktu pengurusan gaji berkali ≤ 60% 100% MS
Karyawan yang mendapat pelatihan minimal 20 jam setahun cost recovery ≤ 40% 100% MS
Ketepatan waktu penyusunan laporan keuangan 100% 100% MS
Kecepatan waktu pemberian informasi tentang tagihan pasien rawat inap ≤ 2 Jam 100% MS
Ketepatan waktu pemberian imbalan intensif sesuai kesepakatan waktu 100% 100% MS
17 Pelayanan Ambulance/ Kereta Jenazah Waktu pelayanan ambulance/kereta jenazah 24 Jam Setiap waktu pelayanan 24 MS
Kecepatan memberikan pelayanan ambulan/kereta jenazah di ruamh sakit ≤ 30 Menit 29 MS
Respon time pelayanan ambulance oleh Masyarakat yang membutuhkan ≤ 30 Menit 29 MS
18 Pemulasaran Jenazah Waktu tanggap (respon time) ≤ 2 Jam Setiap waktu pelayanan 1.5 MS
Pelayanan pemulasaran jenazah 1.5 MS
19 Pelayanan Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit Kecepatan waktu menanggapi kerusakan alat ≤ 30 Menit Setiap permintaan 100% MS
Ketepatan waktu pemeliharaan alat 100% Setiap tahun 100% MS
Peralatan laboratorium dan alat ukur yang digunakan dalam pelayanan terkalibrasi tepat waktu sesuai dengan ketentuan kalibrasi 100% Setiap 6 bulan 100% MS
20 Pelayanan Laundry Tidak adanya kejadian linen yag hilang 100% Setiap tahun 100% MS
Ketepatan waktu penyediaan linen untuk ruang rawat inap 100% 100% MS
21 Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI) Ada anggota tim PPI yang terlatih Anggota Tim PPI Yang Terlatih 75% 2 tahun 100% MS
Tersedianya APD di setiap instalasi / departemen 100% 100% MS
Kegiatan pencatatan dan pelaporan infeksi nosocomial/HAI (Helath care Associated infekction di RS) min 1 parameter 100% 100% MS

Keterangan: